Tips Merawat Motor di Musim hujan Jalanan Becek

Punya Motor alangkan bagusnya kalau sering dirawat di bersikan biar tampak kinclong. saat sekarang ini jalanan becek tentunya akan membuat tampilan motor kita jadi ngak karuan kotornya banyak lumpur disana sini belum lagi genangan genangan air yang tentunya tambah membuat motor semakin galau. oke berikut bisa setidaknya membantu sobat dalam membersihkan motor untuk membuatnya semakin bersih dan tentunya tetap awet dan tampil cakep.

Buat yang motornya udah modifan saran saja jangan di keluarkan kalau jalanan Becek... kalau kotor ehh males nyucinya sehari bisa nyuci sampali tida kali. solusinya ya kudu punya dua motor bisa dipakai gantian klau lagi hujan jalanan becek bisa pakai motor yang jelek. kalau buat gaya apel ke pacar pake motor yang keren dan udah modifan hahaha 







10 Tips merawat motor pada saat musim hujan

1. Cuci Motor

    Air hujan memiliki kandungan zat asam yang bisa merusak keindahan motor Anda. Oleh sebab itu, cucilah motor Anda setelah terkena air hujan. Meski tak ada waktu, upayakan untuk menyempatkan mencuci motor walau hanya sekedar mengguyur seluruh bodi dan bagian-bagian penting lainnya. selain itu hal itu juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya karat.

2. Ban

    Hujan menyebabkan genangan air di jalanan. Ada baiknya setelah Anda menerobos genangan air hujan tersebut, periksa tekanan udara dalam ban Anda. Pasalnya, jika tekanan ban kurang, maka permukaan telapak ban yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan semakin banyak. Akibatnya tarikan motor menjadi berat dan justru mempercepat ban motor Anda menjadi tipis atau gundul.

3. Rantai

    Dengan sifat keasamannya, hujan mampu menimbulkan karat bahkan pada rantai motor sekalipun. Apalagi jika motor Anda tidak menggunakan tutup rantai, hal ini tentu sangat rentan sekali menimbulkan karat. Oleh sebab itu, baiknya Anda mengencangkan kembali setelan rantai sesuai standar dan lumasi rantai dengan grease.

4. Kanvas rem dan piston cakram rem

    Sebagai catatan, kanvas rem terbuat dari bahan asbes yang bila terkena air akan menggelembung dan mengeras pada saat kering. Oleh sebab itu, selesai motor dicuci ada baiknya Anda sering-sering menginjak pedal rem agar kanvas kering. Jika tidak rem motor Anda akan terasa keras pada saatpedal rem diinjak.
    Sementara pada bagian rem cakram, ada baiknya Anda membersihkan komponen tersebut. pasalnya, rem cakram bersifat terbuka dan ketika Anda melibas genangan air, maka kotoran akan menempel pada cakram motor Anda.

5. Busi

    Komponen lain yang vital saat musim penghujan adalah busi motor. Setelah Anda membersihkan motor Anda, ada baiknya Anda mencabut kop atau karet penutup busi untuk kemudian ditiup atau dibersihkan dengan lap. Begitu pun dengan kabel serta businya. Pasalnya, jika busi motor basah, akan menghambat pengapian ketika motor dinyalakan.

6. Kotak saringan udara

    Bersihkan pula piranti kotak saringan udara ketika Anda terguyur air hujan. Pasalnya, jika komponen ini basah maka pembakaran di ruang bakar mesin akan terganggu.

7. Knalpot

    Kotoran air hujan biasanya akan menempel pada bagian dalam dan leher knalpot. Oleh sebab itu, baiknya Anda juga membersihkan bagian yang satu ini agar sistem pembuangan pada motor tetap berfungsi dengan sempurna. Caranya, keluarkan air hujan yang masuk ke dalam knalpot. Semprotkan oli ke dalam bagian knalpot dan olesi bagian leher knalpot dengan grease. Lalu panaskan kembali motor selama kurang lebih 5 menit.

8. Jari-jari roda

    Keringkan jari-jari roda yang kebasahan akibat air hujan. Jari-jari roda pada velg motor Anda akan keropos jika tidak dibersihkan. Keroposnya sendiri memang tidak tampak dari luar karena terjadi di dalam velg.

9. Rem depan dan belakang

    Anda akan mendengar bunyi di bagian rem jika abis main hujan. Tak usah panik, bunyi tersebut muncul karena kanvas rem yang basah. Oleh sebab itu, upayakan untuk meng-kanvas rem dan tromol motor Anda agar rem tetap pakem dan menghindari bunyi.

10. Kabel body

    10 Tips merawat motor yang terakhir adalah hindari kabel body dan socketnya dari air karena bisa menyebabkan konslet sehingga bisa merusak komponen kelistrikan pada motor.